KODE 84 DI SPEEDOMETER NMAX HITAM DOFF HARI KAMIS - FISIKA EKA Ku Suka

Kamis, 05 September 2024

KODE 84 DI SPEEDOMETER NMAX HITAM DOFF HARI KAMIS

Selamat Malam Semangat Pagi

Pengunjung dan Pembaca setia FISIKA EKA Ku Suka yang hebat

Salam Sehat.

Hari Kamis pagi seperti biasa penulis berangkat ke Keamatan Juhar naik unit Nmax Hitam Doff. Karena masuk agak menjeang tengah hari maka berangkat pukul 07.30 WIB dan lama perjalanan 1 jam dengan rute :

-Munte

-Suka Babo

-Nageri

-Sigenderang

-JUHAR.

Karena tugas untuk menyelesaikan SKP dan PMM maka siswa cepat dipulangkan dan sebagian guru-guru menuju ke Laboratorium Komputer untuk menyelesaikan tugas tersebut. Selama hampir 1 jam penulis mengikuti arahan dari Operator Sekolah SMANegeri 1 Juhar akan tetapi akhirnya yang penulis kerjakan mendownload file-file dari Group WhatsApp untuk keperluan SKP dan PMM tersebut.

Pukul 14.30 WIB segera penulis bersiap-siap untuk kembali ke Perumahan Green City Residence 7 Blok B-15 Kacaribu dan bersama Pak RM kami konvvoi awalnya menuju ke Kabanjahe. Karena penulis pelan di lintasan Sigenderang yang jalannya kurang bagus, akhirnya penulis tertinggal.Sudah hati-hati penulis di lintasan Sigenderang akan tetapi ban depan Nmax tetap berbenturan sebanyak 2 kali sehingga ABS Nmax Hitam Doff bersuara dengung.

Mendekati Kandibata sepertinya ada yang kurang beres pada unit Nmax Hitam Doff dengan menyala salah satu indikator di speedometer dan tak berapa lama kemudian penulis lihat ada KODE angka 84. Wah....mulai bingung penulis melihat indikator tersebut. Selama 5 tahun lebih baru kali ini penulis mengalami seperti itu.

Sampai di rumah Blok B-15 segera searching Google penulis apa kira-kira arti indikator tersebut.Menurut OTOMANIA.OM “Kode 84 di Yamaha NMAX itu artinya ada masalah pada sektor Variable Valve Actuation (VVA) sepeda motor. Dan ini biasanya muncul karena hal sepele.Umumnya karena Soketnya saja yang lepas, atau ada masalah pada kabelna .”

Efeknya VVA di Yamaha Nmax jadi tidak aktif ketika muncul kode 84 di speedometer.Umumnya hal tersebut terjadi karena soket terlepas akibat guncangan terutama saat melewati jalan rusak.Makanya jika muncul kode Error 84, coba cek dulu bagian soket dan kabelnya.

Masih lelah penulis, istirahat sebentar. Setelah dirasa cukup waktu untuk istirahat ditambah biar jangan tutup nanti bengkel Yamaha Castrol Servvice Kabanjahe maka segera berkemas penulis untuk ke bengkel. Saat dinyalakan mesin Nmax Hitam Doff masih ada Kode 84 tersebut.Kemudian lampu utama depan padam.

Tetapi sewaktu keluar dari Kompleks Perumahan Green City Residence7 Kacaribu tiba-tiba hilang kode 84 tersebut. Penulis tetap menanjutkan perjalanan ke bengkel Castrol Yamaha Kabanjahe. Sampai dibengkel segera Mekanik menyambut penulis dan menanyakan ada apa dengan unit Nmax Hitam Doff.Mekanik segera mendorong unit NMAX ke bagian service untuk diperiksa dengan menggunakan laptop bengkel.

Dan memang ada Gangguan pada bagian VVA Nmax Hitam Doff. Jam sudah mau menunjukkan pukul 16.00 WIB dan tidak buru-buru khan tanya Mekanik kepada penulis. Karena ada beberapa bagian yang harus dibongkar pada unit Nmax untuk memeriksa ke tempat bagian VVA.

Mekanik Castrol Yamaha yang bernama ADI dibantu mekanik yang baru membuka satu persatu bagian samping Nmax dan setelah sampai pada bagian soket VVA, akhirnya diakali dengan menambahkan beberapa helai kabel pada bagian soket tersebut.

Selesai hampir mendekati pukul 17.00 WIB. Lalu ditest drive sekitar bengkel Castrol Yamaha. Dan selanjutnya ketika bagian Kasir membuat kwitansi pembayaran tertulis ongkos Service Rp 50 000,-. Kwitansi berstempelkan CASTROL SERVICE Jalan Selamat Ketaren Kabanjahe.Dan ada nama Mekaniknya yaitu ADI.

Sampai di rumah penulis lihat jam di Speedometer seperti janggal, kurang cocok dengan jam dinding di rumah menunjukkan waktunya. Berarti perlu disstting lagi. Kapan-kapan sajalah ketika ada perlu di Bengkel Resmi YAMAHA Alfascopii Tanjung Morawa sewaktu akan ganti Oli Mesin atau Service.

 

KACARIBU, 5 September 2024

AET


MEKANIK RAIHAN GANTI OLI MESIN, OLI GERDANG DAN SARINGAN HAWA



0 komentar: