MELENGKAPI PENDAFTARAN KPPS DI RUMAH KEPALA DUSUN V - FISIKA EKA Ku Suka

Sabtu, 16 Desember 2023

MELENGKAPI PENDAFTARAN KPPS DI RUMAH KEPALA DUSUN V



Selamat Pagi Semangat Pagi

Pengunjung dan Pembacca Setia FISIKA EKAKu Suka yang hebat

Salam Sehat

Sebelumnya  pada tanggal 30 Oktober 2023 penulis sudah mengantar ke rumah Bapak Kepala Dusun V ( Suriono ) beberapa berkas seperti :

1.Foto Copty KTP

2.Foto Copy Ijazah

3.Foto copy Piagam Penghargaan

Dan kemarin kembali penulis dicall oleh Bapak Kepala Dusun V agar berkunjung ke rumahnya di Lorong Putra untuk mengisi beberapa lembar formulir yang sudah difotocopy. Dan penulis pun segera bergegas ke rumahnya yang sudah ada beberapa calon anggota KPPS.

Rencananya di Dusun V Desa Bangun Sari Baru ada 4 TPS.Dan penulis bergabung di TPS ( Tempat Pemungutan Suara ) nomor 9 dengan anggota :

1.SURIONO

2.ABDI EKA TARIGAN

3.SURIA PUTRA

4.L Simanungkalit

5.Merry Listya

6.Rika Dwi Juliani

7.Christie Anugerah

Dari internet penulis searching melihat adapun syarat-syarat  untuk menjadi anggota KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara ) adalah :

-Warga Negara Indonesia (WNI)

-Berusia paling rendah 17 tahun dengan pertimbangan rentang usia 17-55 tahun terhitung pada hari pemungutan dan pemilihan

-Setia kepada Pancasila sebagai dasar negara, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia, Bhineka Tunggal Ika serta cita-cita Proklamasi 17 Agustus 1945

-Mempunyai integritas, pribadi yang kuat,jujur dan adil

-Tidak menadi anggota partai politik,dinyatakan dengan surat pernyataan sah, atau sekurang-kurangnya dalam waktu lima tahun tidak lagi menjadi anggota partai politik dibuktikan dengan surat keterangan dari pengurus partai politik

-Berdomisili dalam wilayah kerja KPPS

-Mampu secara jasmani, rohani dan bebas dari penyalahgunaan narkotika

-Berpendidikan paling rendah sekolah menengah atas atau sederajat

-Tidak pernah dipidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana dengan ancaman lima tahun penjara atau lebih

Sebagai informasi tambahan Anggota KPPS berjumlah 7 orang dengan susunan satu ketua merangkap Anggota serta enam anggota KPPS juga harus memiliki komposisi keterwakilan perempuan paling sedikit 30 persen dari jumlah anggota.

Bagi masyarakat yang berminat menjadi petugas KPPS dapat mengunjungi kantor Sekretariat PPS di Kelurahan/Desa setempat.

Tadi pagi sewaktu mengantar Mom ke tempat kerja penulis melewati Kantor Kepala Desa Bangun Sari Baru dan sudah ada spanduk penulis lihat tertempel di dinding kantor. Adapun isi spanduk itu tentang Rekrutmen KPPS Pemilihan Umum Tahun 2024, 11-20 Desember 2023.

Masih dari internet penulis lihat jadwal Pendaftaran KPPS Pemilu 2024:

-Pengumuman Pendaftaran Calon Anggota KPPS 11-15 Desember 2023

-Penerimaan Pendaftaran 11-20 Desember 2023

-Penelitian Administrasi 11-22 Desember 2023

-Pengumuman hasil Penelitian administrasi 23-25 Desember 2023

-Tanggapan dan masukan masyarakat terhadap calon Anggota KPPS 23-28 Desember 2023

-Pengumuman hasil seleksi 29-30 Desemer 2023

-Penetapan anggota KPPS, 24 Januari 2024

-Pelantikan anggota KPPS 25 Januari 2024

Jelang siang tadi mendadak bertelepon salah satu calon Anggota KPPS di Dusun V yaitu Wak Taxi yang menginfokan agar penulis datang ke Kantor Desa Bangun Sari Baru untuk verifikasi berkas-berkas. Langsung penulis menuju Kantor Desa Bangun Sari Baru.

Penulis menerima Tanda Terima Dokumen Persyaratan Seleksi Calon Anggota KPPS pada PEMILU 2024 dengan nomor Pendaftaran 068 dan yang menerima dokumen adalah Roganda Sinaga.

 

TG Morawa, 16 Desember 2023

AET


MENJEMPUT BIAYA OPERASIONAL TPS 06 DI BALAI DESA BANGUN SARI BARU


0 komentar: